Saudi Soal Normalisasi Hubungan Dengan Israel: Fokus Selesaikan Konflik di Gaza

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Rencana untuk menormalisasi hubungan Arab Saudi dengan Israel masih dikesampingkan di tengah situasi Gaza yang makin mencekam. Wakil Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Waleed Bin Abdul Karim El Khereji, mengatakan pihaknya masih fokus dalam penyelesaian konflik di Gaza.

“Saat ini kami berkonsentrasi dalam penyelesaian permasalahan di Gaza,” kata Waleed di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (11/1).

Menurutnya, yang terpenting adalah perang di Gaza harus dihentikan dan posisi Saudi sangat jelas akan hal itu.

“Kami ingin menghentikan perang tersebut. Kemudian [agar masyarakat Gaza] memiliki akses untuk bantuan kemanusiaan,” ujarnya.

“Kemudian, kami menantikan adanya solusi dan penyelesaian final terhadap isu rakyat Palestina dan Israel,” pungkasnya.

Sebelumnya, Utusan Khusus untuk Urusan Energi dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Amos Hochstein, mengatakan upaya normalisasi antara Israel dan Arab Saudi masih menjadi tujuan utamanya.

Menurutnya, harapan keberlangsungan normalisasi hubungan itu tidak harus pupus meski saat ini pertempuran bergejolak di Jalur Gaza antara Israel dan Hamas. Dia menekankan, bagaimanapun juga proses normalisasi hubungan Israel dan Arab Saudi dapat berkontribusi menciptakan perdamaian di Timur Tengah. (ArG)

Sumber: Kumparannews

share on: