Retno akan ke Mahkamah Internasional, Dukung Posisi Hukum Palestina

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Menlu Retno Marsudi pada Februari mendatang akan berbicara di Mahkamah Internasional di Den Haag Belanda. Dia bakal menyampaikan, pernyataan terkait dukungan terhadap perjuangan Palestina melawan pendudukan Israel.

Eskalasi konflik Palestina-Israel meningkat sejak Oktober 2023. Itu disebabkan meletusnya perang di Gaza. Israel menggempur Gaza tanpa pandang bulu. 22 ribu warga Gaza tewas akibat operasi militer Zionis. Mayoritas korban tewas adalah perempuan dan anak-anak.

Indonesia berulang kali mengutuk tindakan Israel. Yang terbaru Menlu Retno Marsudi siap berangkat ke Den Haag demi menyampaikan advisory opinion demi memperkuat dukungan terhadap perjuangan Palestina melawan Israel.

“Di Mahkamah Internasional, pada 19 Februari yang akan datang mewakili Pemerintah Indonesia, saya akan sampaikan pernyataan lisan untuk mendukung Mahkamah memberikan Advisory Opinion perkuat posisi hukum Palestina,” kata Retno saat menyampaikan Pernyataan Pers Tahun Menlu di Bandung, Senin (8/1).

“Yang intinya, PBB tidak boleh melupakan perjuangan Bangsa Palestina, baik secara politik maupun hukum internasional,” sambung dia.

Dalam kesempatan tersebut Retno memastikan Indonesia konsisten mendukung Palestina. Sebab, sikap tersebut telah menjadi dasar perjuangan Indonesia di dunia internasional.

“Berbekal spirit KAA (Konferensi Asia-Afrika) ini pula, Indonesia secara konsisten berdiri tegak bersama bangsa Palestina memperjuangkan hak-haknya serta melawan kekejaman dan penjajahan Israel,” jelas Retno.

“Indonesia memilih berada di sisi sejarah yang benar untuk membela kemanusiaan dan keadilan bagi bangsa Palestina,” pungkas dia. (ArG)

Sumber: Kumparan

share on: