Miris! Israel Larang Hewan Kurban Idul Adha Masuk Gaza

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Warga Palestina di Jalur Gaza hari ini memperingati Hari Raya Idul Adha seperti penetapan di Arab Saudi. Naasnya, kepiluan masih mewarnai Jalur Gaza pada hari besar Islam ini.


Koresponden kantor berita Palestina, WAFA, melaporkan ratusan warga Gaza terpaksa melakukan salat Idul Adha di tengah suasana yang suram. Sebab, Israel tak juga menghentikan agresi militernya meskipun umat Islam Gaza sedang menjalani hari raya besar keduanya.


“Pasukan pendudukan melakukan kejahatan baru. Mereka mencegah masuknya hewan kurban dengan menutup semua penyeberangan Jalur Gaza, termasuk pendudukan dan penutupan penyeberangan perbatasan Rafah, dan penyeberangan Kerem Shalom,” lapor Anadolu Agency, Minggu (16/6/2024).

“Pelanggaran yang jelas terhadap hak asasi manusia dan pengabaian total terhadap nilai-nilai manusia dan Islam,” lanjut laporan kantor berita itu.

Kantor berita Gaza yang dirujuk Anadolu menyebut, Israel dan pemerintah AS punya tanggung jawab moral dan hukum dalam mengharuskan komunitas internasional untuk menghentikan pelanggaran yang terang-terangan dilakukan oleh Israel terhadap hak-hak muslim dan hak asasi manusia ini.

Mahmoud Abdel Jawad, salah seorang jemaah salat Id di Khan Younis menyebut tidak ada kurban atau pun perayaan Idul Adha di Gaza.

“Tidak ada hewan kurban, (tapi) kami mengurbankan diri sendiri, mengurbankan raga kami meski tidak ada perayaan Idul Adha di Gaza,” katanya.

Tak hanya itu, warga Palestina juga salat Idul Adha di sekitar puing-puing bangunan yang hancur karena tidak adanya tempat ibadah yang layak.(ArG)

Sumber: detik.com

share on: