Mengenal Lebih Dekat Kamp Balata, Salah satu Kamp terbesar di Tepi Barat

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Kamp Balata, sebuah kamp yang didirikan oleh Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) sebagai akibat dari pengungsian akibat Nakba 1948. Ini adalah salah satu kamp terbesar di Tepi Barat, di mana penduduknya menderita tingkat pengangguran yang tinggi, kemiskinan, dan kurangnya layanan kesehatan, selain invasi ‘Israel’ yang berulang kali.

Kamp Balata didirikan pada 1950 di Tepi Barat, sebelah timur kota Nablus, di atas lahan pertanian yang disewa oleh pemerintah Kerajaan Hashemite Yordania dari tanah milik desa Balata di ujung paling barat Dataran Askar.

Penduduknya berasal dari puluhan desa di wilayah Lydda, Ramla, dan Jaffa, banyak di antaranya berasal dari Badui.

Kamp tersebut merupakan salah satu kamp Palestina terbesar di Tepi Barat. Kamp ini dibangun di atas lahan sempit seluas 0,25 kilometer persegi. Kamp ini dianggap sebagai salah satu kamp terpadat di Tepi Barat, mengingat jumlah penduduknya pada 2023 mencapai lebih dari 23 ribu pengungsi Palestina – menurut situs resmi UNRWA. Saat awal didirikan penghuni kamp ini mencapai sekitar 5.000 pengungsi, dan kemudian populasinya meningkat pada 1995 menjadi sekitar 16.000 orang.

Kamp ini dikelilingi oleh sejumlah monumen kuno, termasuk Tell Balata dan Gereja Sumur Yakub, yang menjadi tujuan wisata bagi banyak wisatawan.

Penamaan

Nama Kamp Balata diambil dari penduduk desa yang di atas tanahnya kamp tersebut dibangun, yang dikenal sebagai Balalata atau Balatiyyin.

Dalam cerita lain, dikatakan bahwa desa tersebut diberi nama Balata untuk menunjukkan kerasnya batuan di sana, karena Balata adalah nama yang diberikan untuk permukaan bumi yang keras, dan kamp tersebut juga dinamai menurut nama tersebut.

Pendidikan

UNRWA mendirikan tenda khusus untuk mengajar di mana para siswa duduk di tanah, dan kemudian sistem pendidikan berkembang hingga 4 sekolah UNRWA didirikan di dalam kamp tersebut, termasuk sekolah dasar dan persiapan hingga kelas sepuluh, dan kemudian para siswa dipindahkan ke sekolah pemerintah.

Sekolah-sekolah di kamp tersebut mengalami kelebihan kapasitas di ruang kelas, sehingga mereka terpaksa membagi hari sekolah menjadi dua periode per hari.

Infrastruktur

Kamp ini dimulai dengan tenda yang didirikan oleh UNRWA pada 1950, kemudian berkembang dalam kurun waktu (1954-1956) menjadi unit perumahan serupa yang terdiri dari dua kamar, kamar mandi, dan dapur untuk satu keluarga.

Kamp Balata hanya memiliki satu jalan utama dengan toko-toko dan sebuah masjid, selain jalan-jalan samping yang belum diaspal, dan jalan setapak di antara rumah-rumah dan tenda-tenda. Situasi semakin memburuk selama musim dingin karena lumpur dan banjir menerjang tenda, sementara di musim panas kamp ini mengalami kenaikan suhu yang tinggi.

Setelah jumlah pengungsi di kamp meningkat, unit perumahan baru didirikan melalui lisensi dari UNRWA yang membantu dalam konstruksi dan menyediakan beberapa bahan yang diperlukan, dan juga memungkinkan konstruksi vertikal hingga dua lantai, untuk menjaga area jalan tanpa menciptakan krisis atau kekacauan.

Karena peningkatan situasi pengungsi di kamp dan peningkatan populasinya dalam wilayah geografis yang sama, fase perluasan vertikal acak meningkat.

Kamp menderita masalah parah yang mengganggu jaringan air dan pembuangan limbah, meskipun jaringan air dan listrik terhubung ke Kotamadya Nablus.

Situasi ekonomi dan kesehatan

Sejak didirikan, kamp Balata bergulat dengan kemiskinan dan tingkat pengangguran yang tinggi serta masalah ekonomi yang rendah bagi banyak keluarga, dan situasi ini telah memburuk karena kebijakan pengurangan layanan yang diadopsi oleh UNRWA.

Ekonom Izz al-Din Jalal menegaskan bahwa tingkat kemiskinan di kamp Balata adalah yang tertinggi di antara kamp-kamp Palestina, dan mengaitkannya dengan jumlah penghuninya yang besar, wilayahnya yang kecil, dan kurangnya kesempatan kerja.

Sejak didirikan, UNRWA telah mendirikan sejumlah fasilitas kesehatan, yang diwakili oleh tenda dan klinik, yang kemudian berkembang menjadi pusat kesehatan, yang merupakan satu-satunya di kamp tersebut. Sektor kesehatan mengalami kekurangan layanan, dokter, dan obat-obatan.

Invasi ‘Israel’

Kamp tersebut mengalami invasi ‘Israel’ yang berulang dan beberapa tindakan sewenang-wenang seperti pengepungan ketat, jam malam, dan penggerebekan untuk mencari pejuang perlawanan Palestina. ‘Israel’ menggunakan gas air mata dan peluru karet dalam penggerebekan mereka.

Pada 27 Juli 2024, Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan dua orang syahid dan 22 orang lainnya terluka, termasuk 3 orang dalam kondisi kritis, akibat bentrokan antara pasukan pendudukan dan pejuang perlawanan di kamp tersebut, setelah kamp tersebut dikepung dari segala arah dan bala bantuan ‘Israel’ dikirim ke daerah tersebut.(ArG)

Sumber: arrahmah.id

share on: