Kanada dan WFP membantu keluarga Palestina yang rentan mengatasi kesulitan di Gaza

share on:

ACA NEWS – Program Pangan Dunia PBB (WFP) menyambut baik sumbangan sebesar CAD$2 juta (sekitar US$1,7 juta) dari Pemerintah Kanada untuk memberikan bantuan pangan yang sangat dibutuhkan selama dua bulan kepada lebih dari 64.000 orang di Jalur Gaza yang telah terpengaruh oleh eskalasi bersenjata baru-baru ini dan pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

“Konflik baru-baru ini telah menyebabkan kehancuran yang signifikan dan meningkatkan penderitaan penduduk Gaza yang telah bergulat dengan tantangan berat dengan sedikit prospek untuk terobosan,” kata Perwakilan WFP dan Direktur Negara Samer AbdelJaber.

“Kami berterima kasih atas dukungan Kanada yang konsisten dan murah hati yang membantu kami menyediakan makanan bagi banyak orang Palestina yang rentan.”

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, Bank Dunia, dan Uni Eropa tak lama setelah permusuhan 11 hari pada Mei 2021 di Gaza menunjukkan kondisi sosial yang memburuk. Rapid Damage and Needs Assessment (RDNA), memperkirakan pengangguran dan kemiskinan – yang sudah tinggi sebelum permusuhan – masing-masing meningkat dua dan 2,3 poin persentase. Pengangguran dan kemiskinan, dua pendorong utama kerawanan pangan di Gaza. Kemiskinan di Gaza saat ini meningkat 16,3 poin persentase di atas tingkat 2016-2017.

“WFP adalah mitra global lama Pemerintah Kanada dan memainkan peran penting dalam meningkatkan ketahanan pangan bagi orang-orang yang rentan dalam krisis di seluruh dunia” kata Robin Wettlaufer, Perwakilan Kanada di Ramallah.

Keluarga akan menerima voucher makanan elektronik yang dikreditkan dengan US$10,30 per orang per bulan untuk membeli beragam makanan pilihan mereka dari 200 toko ritel yang ditunjuk. Mayoritas orang yang akan menerima dukungan ini adalah perempuan dan anak-anak yang berjuang untuk memenuhi kebutuhan setelah krisis kemanusiaan akut di Gaza.

WFP telah menggunakan dan memperluas penggunaan voucher sejak 2011 berdasarkan bukti yang menunjukkan dampak yang lebih kuat pada status ketahanan pangan masyarakat dan efek positif yang meluas pada ekonomi lokal. Voucher atau Transfer Berbasis Tunai (CBT) memberi orang lebih banyak kebebasan untuk memilih, bermartabat, dan fleksibilitas untuk mengambil hak mereka sesuai kenyamanan mereka sendiri.

WFP dan mitranya memberikan bantuan makanan secara teratur kepada lebih dari 350.000 non-pengungsi termiskin dan paling rawan pangan di Gaza dan Tepi Barat. Bantuan makanan telah menjadi penyelamat bagi orang-orang yang hidup dengan kurang dari US$1 dan sekarang menghadapi tekanan tambahan pada mata pencaharian dan nutrisi serta kesehatan mereka yang rapuh karena dampak dari konflik yang berulang dan COVID-19.

WFP juga berkoordinasi dengan Kementerian Pembangunan Sosial, badan-badan PBB dan pemangku kepentingan lainnya untuk menanggapi kebutuhan pangan segera dari orang-orang yang terkena dampak tambahan selama keadaan darurat.

share on: