Haaretz: Hamas Pegang Dokumen Terperinci terkait Tentara Israel

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Gerakan Perlawanan Palestina, Hamas, telah membuat “berkas terperinci” lebih dari 2000 personel Angkatan Udara ‘Israel’, yang tampaknya merupakan daftar target potensial dalam “balas dendam” atas pembunuhan “anak-anak Gaza”, demikian laporan surat kabar ‘Israel’ Haaretz.

Bocor secara daring pekan ini, masing-masing berkas mencakup “nama lengkap prajurit, pangkalan atau unit mereka, nomor identitas, nomor telepon seluler, alamat email, akun media sosial, nama anggota keluarga, dan dalam beberapa kasus kata sandi, plat nomor kendaraan, nomor kartu kredit, dan informasi rekening bank,” lansir surat kabar itu pada Senin (22/7/2024).

Dokumen-dokumen tersebut “dibuat oleh Hamas sebagai bagian dari operasi pengumpulan informasi intelijen” dan panjangnya bervariasi dari beberapa halaman hingga lebih dari 200 halaman, dengan halaman sampul yang dilaporkan menyatakan: “Sebagai balas dendam atas para pembunuh anak-anak Gaza.”

Laporan tersebut, kata surat kabar itu, dibagikan kepada sekelompok reporter investigasi internasional yang bermitra dengan Die Zeit dan ZDF JermanDer Standard dan Haaretz Austria.

Haaretz mengatakan berkas-berkas itu “diproduksi menggunakan alat otomatis yang dikenal sebagai profiler, yang memungkinkan pengumpulan, referensi silang, dan penggabungan intelijen dari sumber-sumber terbuka (OSINT) untuk membuat ‘profil’ terperinci mengenai target-target intelijen.”

Laporan yang bocor tersebut telah tersedia di platform peretas setidaknya sejak Desember, tetapi tidak jelas siapa yang membocorkannya secara daring.

Peretasan Iran

Beberapa informasi, tambah laporan itu, tampaknya diambil dari Atid College, “yang menjadi korban peretasan Iran pada Mei lalu.”

Laporan tersebut juga mengutip Ari Ben Am, salah satu pendiri Telemetry Data Labs, sebuah firma yang digambarkan sebagai “pelacak peretasan dan kebocoran serta operasi pengaruh oleh kelompok anti-Israel”, yang mengatakan “semua tanda mengarah ke Iran.”

“Iran punya sejarah panjang dalam melakukan aksi peretasan dan kebocoran dengan tempo operasional tinggi dan menggalakkannya melalui kelompok-kelompok peretas,” katanya.

Berkas tersebut juga berisi data yang diambil dari sumber lain, misalnya, rincian kendaraan dari perusahaan asuransi, dan mungkin juga daftar pemilih ‘Israel’ dan informasi yang diambil dari situs media sosial.

Tindakan Hukum di Luar Negeri

Setidaknya dalam satu kasus, Haaretz mengatakan, situs web Angkatan Udara “memberikan konfirmasi identitas salah satu perwira yang laporan terperincinya telah disiapkan dan hubungan antara dia dan aktivitas ofensif di Gaza.”

Hal ini dapat menjadikannya “target pengumpulan intelijen, atau mengeksposnya pada tindakan hukum di luar negeri,” kata laporan itu.

Beberapa tentara ‘Israel’ telah diperingatkan tentang keberadaan laporan tersebut, yang menunjukkan bahwa otoritas ‘Israel’ menanggapi ancaman tersebut dengan serius. Militer ‘Israel’ telah mengakui bahwa mereka telah mengetahui data tersebut selama beberapa bulan. (ArG)

Sumber: arrahmah.id

share on: