Gedung Putih Gempar, Pejabat Tinggi CIA Unggah Dukungan Buat Palestina

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Gedung Putih dilaporkan gempar gegara insiden langka yang memicu perselisihan di dalam pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Gonjang-ganjing itu terjadi setelah seorang pejabat tinggi CIA mengunggah gambar pro-Palestina di Facebook dua minggu setelah peluncuran Operasi Banjir Al-Aqsa oleh Hamas dan agresi militer Tentara Israel (IDF) di Gaza.

Menurut laporan Financial Times, wakil direktur CIA bagian analisis mengubah foto sampul Facebook-nya pada tanggal 21 Oktober menjadi gambar seorang pria yang mengibarkan bendera Palestina, yang dinilai sebagai bentuk sikap solidaritas terhadap Palestina.

Gegara itu, tulis FT, muncul kebingungan di kalangan pejabat AS karena “mengunggah gambar politik secara terang-terangan di platform publik adalah tindakan yang sangat tidak biasa bagi seorang pejabat senior intelijen”.

Kegemparan makin jadi lantaran terjadi ketika ada friksi dan perselisihan antar-pejabat di dalam pemerintahan mengenai tugas Presiden AS Joe Biden terkait sikap dan kebijakan soal Perang Gaza.

Di satu sisi, sejumlah pejabat meminta presiden untuk menekan “Israel” agar melakukan gencatan senjata di Jalur Gaza, di pihak lain, meminta AS untuk terus mendukung langkah Tel Aviv sejauh yang diperlukan untuk membasmi Hamas.

Meski demikian, friksi ini coba diredam oleh para pejabat senior dengan mengadakan sesi dengar pendapat dengan staf Gedung Putih, Departemen Luar Negeri, dan lembaga-lembaga lainnya.

Hearing ini dilaporkan untuk memahami dan mencoba meredakan kekhawatiran mereka mengenai pendekatan presiden. (ArG)

Sumber: Tribun

share on: