Dibalik perlawanan Palestina

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Siapa saja yang berdiri membela Palestina? Banyak kelompok-kelompok, brigade dan faksi di Palestina. Antar mereka ada yang bisa bergerak bersama, namun juga masing-masing mempunyai tujuan, cara dan pemimpin sendiri-sendiri.

Konflik atau pertempuran yang Tengah terjadi antara Palestina dan Israel saat ini, membuka mata dunia. Pertempuran serta kekuatan senjata pembunuh, menyebabkan banyak korban berjatuhan dari masyarakat sipil.

Semangat pembelaan terhadap Palestina, menyebabkan terbentuknya berbagai kelompok dan brigade dengan latar belakang yang berbeda. Berikut adalah brigade dan faksi yang mewarnai Palestina.  

1. HAMAS

Yang terkuat dan terbesar saat ini di Palestina. Nama lengkapnya, Harakah Al-Muqawwamah Al-Islamiyah (Gerakan Perlawanan Islam). Berdiri tahun 80-an, pernah jadi penguasa Palestina karena sebagai pemenang pemilu. Nama pasukannya, Izzuddin Al-Qassam. Hamas merupakan  cabang dari Ikwanul Muslimin di Mesir.

2. JIHAD ISLAM

Nama aslinya Harakah Jihad Islami fi Filistin, ini dibuat oleh anggota Ikhwanul Muslimin di Mesir tahun 80-an. Tapi berbeda dengan Hamas. Mereka berdua sering bergerak bersama, termasuk sekarang dalam serangan Thuufan Al-Aqsha. Nama pasukannya, Saraya Al-Quds. Bersama Hamas, wilayah operasinya di Gaza.

3. FATAH

Atau Harakah Tahrir Wathani fi Filistin (FATAH). FATAH Ini Nasionalis, bukan Islamis. Mempunyai  pasukan tidak resmi yaitu Brigade Syuhada Al-Aqsha. Wilayahnya di Tepi Barat.

4. PFLP atau Popular Front for Liberation of Palestine.

Ini faksi komunis di Palestina dan kebanyakan anggotanya Kristen. Pasukannya bernama Brigade Abu Ali Musthafa. Bersama FATAH, dia bergabung dalam PLO.

5. BRIGADE ARIINUL USUD

Brigade Ariinul Usud atau Brigade Sarang Singa, yang terbaru. Mereka anak-anak muda, berada di Tepi Barat, Palestina. Ada dugaan ini sebenarnya Brigade Izzuddin Al-Qassam U21, karena pendirinya pernah berguru ke Hamas. Mereka sekarang mengumumkan terjun ke medan perang tapi tidak bergabung ke Thuufanul Aqsha. (ArG)

share on: