Butuh Tentara, ‘Israel’ Paksa Yahudi Ultra-Ortodoks Ikut Wajib Militer

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Mahkamah Agung ‘Israel’ pada hari Selasa memutuskan bahwa para pria ultra-Ortodoks yang sebelumnya dibebaskan dari wajib militer harus mengikuti wajib militer, yang merupakan pukulan telak bagi koalisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang sedang berkuasa.

Keputusan tersebut juga menyatakan bahwa para pria ultra-Ortodoks yang belajar di seminari-seminari agama, dikenal sebagai yeshiva, tidak dapat lagi didanai pemerintah jika mereka menolak untuk menjalani wajib militer tanpa dibebaskan secara resmi.

Pengecualian wajib militer bagi pria ultra-Ortodoks, yang telah berlangsung selama beberapa dekade, telah memecah belah warga ‘Israel’ sejak masa-masa awal berdirinya negara tersebut.

Anggota komunitas ultra-Ortodoks, atau yang dikenal sebagai Haredim, sangat menentang wajib militer, sementara kaum Yahudi sekuler dan non-Ortodoks mengatakan bahwa pengecualian tersebut melanggar prinsip kesetaraan.

Perdebatan mengenai pengecualian ini berkembang dalam beberapa bulan terakhir di tengah perang ‘Israel’ di Gaza dan Lebanon, yang meningkatkan kebutuhan akan tentara tambahan.

“Pada puncak perang yang sulit, beban ketidaksetaraan menjadi lebih dari sebelumnya,” demikian keputusan pengadilan, yang disetujui dengan suara bulat oleh kesembilan hakim.

Dua partai ultra-Ortodoks dalam koalisi Netanyahu yang berkuasa, United Torah Judaism dan Shas, mengecam keputusan tersebut.

“Tidak ada kekuatan di dunia ini yang dapat menghalangi orang-orang Israel untuk mempelajari Taurat dan siapa pun yang pernah mencoba hal ini di masa lalu telah gagal total,” kata Aryeh Deri, kepala partai Shas dan sekutu dekat Netanyahu.

Mengamini kritik ini, United Torah Judaism mengatakan bahwa tidak ada dasar hukum untuk keputusan tersebut.

‘Kurang persiapan’

Para pria ultra-Ortodoks menghadiri seminari khusus yang berfokus pada studi agama, dengan sedikit perhatian pada topik-topik sekuler, termasuk matematika, sains, dan bahasa Inggris. Para kritikus menyatakan bahwa mereka tidak siap untuk bertugas di militer atau memasuki dunia kerja sekuler.

Dengan angka kelahiran yang tinggi, komunitas ultra-Ortodoks merupakan segmen populasi yang tumbuh paling cepat, sekitar 4 persen per tahun.

Setiap tahun, sekitar 13.000 pria ultra-Ortodoks mencapai usia wajib militer 18 tahun, tetapi kurang dari 10 persen yang mendaftar, menurut Komite Kontrol Negara di parlemen ‘Israel’. (ArG)

Sumber: hidayatullah.com

share on: