Bahas Palestina, Mesir Gelar Pertemuan Tripartit

share on:

ACA NEWS – Mesir, Yordania, dan Palestina pada Senin menggelar pertemuan di ibu kota Mesir, Kairo, guna membahas perkembangan terkini di Palestina.

Pertemuan itu mempertemukan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry, Ayman Safadi selaku Menlu Yordania dan ketua Otoritas Urusan Sipil Palestina Hussein Al-Sheikh, yang mana mereka membahas pelanggaran Israel di Tepi Timur dan serangan pemukim Israel.

“Meningkatnya operasi teroris dari pemukim [Yahudi] dan dilindungi oleh pemerintah Israel,” kata pejabat Palestina Al-Sheikh dalam pernyataan kepada kantor berita Palestina Wafa.

Berbicara kepada Anadolu Agency, Ahmed Al-Deek, penasihat menteri luar negeri Palestina, mengatakan pertemuan itu juga membahas upaya Amerika Serikat (AS) untuk membangun kepercayaan antara Palestina dan Israel.

Gencatan senjata Gaza-Israel dan rekonstruksi wilayah Palestina juga dibahas dalam pertemuan itu, tambah Al-Deek.

Mesir menengahi kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina di Gaza setelah serangan militer Israel terakhir di wilayah tepi laut pada Mei 2021.

Pada September, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi bertemu dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett di kota Laut Merah Sharm el-Sheikh untuk pembicaraan tentang menghidupkan kembali proses perdamaian Timur Tengah, yang runtuh pada 2014 atas penolakan Tel Aviv untuk menghentikan pembangunan pemukiman. []

share on: