Apa Itu All Eyes on Rafah yang Viral di Media Sosial

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Media sosial hari ini diramaikan dengan berbagai macam postingan yang berisikan slogan ‘All Eyes on Rafah’. Tidak hanya itu, berbagai macam publik figur pun ikut turut memposting ulang slogan tersebut.

Sebuah postingan mendadak viral setelah terjadinya serangan mematikan Israel ke Rafah pada Minggu (26/5). Serangan Israel tersebut dilaporkan untuk menarget Hamas yang ada di Rafah.

Selain berisikan slogan ‘All Eyes on Rafah’, postingan tersebut juga menggambarkan tenda-tenda pengungsian yang diatur sedemikian rupa sehingga membentuk slogan itu.

Lantas, dengan segala keramaian tersebut, apa sebenarnya arti dari ‘All Eyes on Rafah?

Arti All Eyes on Rafah

Secara harfiah, slogan ini berasal dari bahasa Inggris yang berarti ‘Semua mata tertuju pada Rafah’. Slogan tersebut mengajak masyarakat untuk sadar dan memberikan perhatiannya terhadap situasi yang sedang terjadi di Rafah.
Dilansir detikINET dari Forbes, Rabu (29/5/2024) slogan tersebut tampaknya muncul mulai dari bulan Februari lalu menjelang serangan dari Israel ke Rafah. Ungkapan tersebut juga memiliki arti sebagai permintaan kepada para masyarakat dunia untuk tidak memalingkan muka dari apa yang sedang terjadi di Kota Rafah.

Selain itu dengan slogan tersebut, masyarakat juga diharapkan untuk terus menyerukan perjuangan kemerdekaan Palestina. Lalu, slogan tersebut juga terus mendesak berbagai pihak yang berkepentingan untuk dapat melakukan gencatan senjata.

Hal itu dikarenakan pada Minggu (26/5) Israel meluncurkan serangan ke wilayah bernama Rafah. Benjamin Netanyahu selaku perdana menteri Israel mengklaim bahwa kota tersebut merupakan benteng terakhir dari kelompok Hamas.

Serangan tersebut pun mengakibatkan tenda-tenda pengungsian terbakar dan memakan banyak korban. Sampai saat ini telah dilaporkan melalui AFP, sebanyak 50 tewas dan 249 orang luka-luka.

Ungkapan ‘All Eyes on Rafah’ kini digunakan di banyak platform media social mulai dari Instagram, X, Facebook, hingga TikTok.

Dikutip dari Forbes, postingan tersebut sedang viral di TikTok yaitu sebanyak 195 ribu postingan yang memiliki jutaan views dengan hastag #AllEyesOnRafah. Sedangkan, postingan tentang ‘All Eyes on Rafah’ di Instagram telah mencapai 100 ribu postingan.

Beberapa tokoh dan publik figur terkenal juga ikut turut meramaikan slogan tersebut, meliputi aktor dari India seperti Varun Dhawan, Aly Goni, Samantha Ruth Prabhu, dan Tripti Dimri. Mereka memposting ungkapan ‘All Eyes on Rafah’ pada akun Instagram pribadi.

Adapun selebriti Hollywood seperti Bella Hadid, Travis Head, Leigh-Anne Pinnock, Saoirse-Monica Jackson dan Susan Sarandon ikut turut menyampaikan dukungannya kepada Palestina. Tentu masih banyak publik figur lainnya yang juga bersuara akan hal ini.

Letak Rafah

Rafah adalah kota kuno yang dikenal sebagai gerbang Utara Sinai jika dilihat dari Mesir, menghubungkan Mesir dengan Levant yang mencakup Palestina, Israel, Lebanon, Suriah, dan Yordania. Dengan luas sekitar 60 kilometer persegi, populasi Rafah diperkirakan terdiri dari 1,5 juta orang per Februari 2024 menurut Associated Press.

Rafah merupakan kota paling selatan di Gaza. Wilayahnya pun berbatasan dengan Mesir dan Israel, dengan kota itu sendiri terletak tepat di perbatasan Gaza-Mesir.

Rafah merupakan penyebutan yang digunakan dalam bahasa Arab. Dalam bahasa Ibrani kota ini disebut ‘Rafiah’, dalam bahasa Asyur yaitu ‘Rapih’, sedangkan dalam bahasa Yunani disebut ‘Raphia’.

Sejak serangan yang dilakukan oleh Israel ke Palestina, sebanyak 1,4 juta orang berlindung setelah melarikan diri dari pertempuran sengit di tempat lain di Gaza. Hal itu dikarenakan Israel yang terus melanjutkan serangannya meskipun ada banyak penduduk sipil.(ArG)

Sumber: Detik.com

share on: