Erdogan: Israel Akan Incar Turkiye Setelah Kalahkan Hamas

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan pada Rabu (15/5/2024) mengeklaim, Israel akan mengincar negaranya jika berhasil mengalahkan Hamas di Gaza.

Erdogan, yang vokal mengkritik perang Israel di Gaza, kerap menyatakan dukungannya kepada Hamas sebagai pembela Palestina.

“Jangan berpikir bahwa Israel akan berhenti di Gaza,” kata Erdogan kepada anggota parlemen partainya di ibu kota Ankara, dikutip dari kantor berita AFP.

“Jika tidak dihentikan… negara jahat dan teroris ini cepat atau lambat akan mengincar Anatolia,” imbuhnya, mengacu ke semenanjung Turkiye yang luas, juga disebut Asia Kecil dan meliputi lebih dari separuh wilayah negara tersebut.

“Kami akan terus mendukung Hamas, yang memperjuangkan kemerdekaan tanahnya sendiri dan membela Anatolia,” tambah Erdogan.

Sebelumnya, pada Senin (13/5/2024) mengatakan bahwa lebih dari 1.000 anggota Hamas dirawat di rumah sakit Turkiye saat perang berkecamuk di Gaza.

Serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 mengakibatkan kematian lebih dari 1.170 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel.

Hamas juga menyandera sekitar 250 orang, 128 di antaranya diperkirakan Israel masih di Gaza, termasuk 36 orang yang menurut militer telah tewas.

Adapun serangan balasan Israel di Gaza menewaskan lebih dari 35.000 orang yang mayoritas perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas itu. (ArG)

Sumber: Kompas.com

share on: