Hamas Punya Roket Baru M-90, Mampu Jangkau Tel Aviv dari Berbagai Posisi

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, merilis video sinematik, yang isinya memamerkan Multiple Rocket Launcher (MLR) baru mereka, LM-90, yang dapat menampung hingga delapan roket sekaligus.

Video berjudul Tel Aviv Akan Terbakar Habis, Al-Aqsa Akan Terbebas menunjukkan tonggak sejarah lain bagi perlawanan Palestina, baik dari segi kemampuan produksi dan persenjataan militernya. Demikian dikutip dari media Arab, Al Mayadeen, Senin (11/12).

Dalam video yang dirilis Brigade Al-Qassam pada Jumat (8/12), terlihat saat pejuang mempersenjatai sistem peluncur, muncul gambar syuhada Ibrahim al-Makadmeh, salah satu pendiri Hamas dan tokoh terkemuka di Palestina.

Terdapat tulisan juga bahwa roket terbaru Brigade Al-Qassam tersebut diberi nama Al-Makadmeh. Dengan demikian, setidaknya ini adalah roket kedua yang mengambil nama almarhum Makadmeh.

Roket dengan inisial M-90 itu memiliki daya jangkau 90 km. Hal ini membuat pejuang Hamas mampu menargetkan wilayah tengah di Palestina yang diduduki Zionis. Bahkan, ibu kota Israel, Tel Aviv, juga bisa dijangkau dari berbagai posisi di Jalur Gaza, seperti dari Kota Khan Younis yang sedang dibombardir Israel.

Sebelumnya, sejak tahun 2012, Brigade Al-Qassam menggunakan roket M-75. Roket ini telah banyak digunakan dalam sejumlah konfrontasi dengan penjajah Israel, terutama dalam Pertempuran Pedang Al-Quds pada Mei 2021 dan Operasi Badai Al-Aqsa yang sedang berlangsung. (ArG)

Sumber: Kumparan

share on: