Prabowo Bakal Kirim Kapal RS TNI untuk Rawat Korban di Palestina

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut pihaknya bakal mengirimkan kapal rumah sakit milik TNI ke Palestina. Untuk bisa mengirimkan kapal tersebut, Prabowo bakal berkoordinasi dengan Mesir.

“Kita akan koordinasi dengan pihak Mesir, TNI juga siap mengirimkan kapal rumah sakit, standby di sana untuk memberikan bantuan. Begitu Mesir mengizinkan kita akan kirim,” ucap Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11).

Selain itu, Prabowo juga memastikan seluruh rumah sakit TNI bakal dikerahkan untuk menerima pasien-pasien korban serangan Israel. Prabowo mengungkapkan, ia sudah berkoordinasi dengan sejumlah duta besar dari negara-negara di sekitar Palestina untuk bisa membantu mengevakuasi korban ke RS TNI.

“Tadi saya sudah sampaikan ke Duta Besar Palestina, kita membuka semua rumah sakit TNI untuk siap menerima pasien-pasien dari Palestina,” lanjut Prabowo.

Hari ini (4/11) Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan gelombang pertama untuk masyarakat Palestina. Bantuan ini berupa 51,5 ton bahan makan, alat medis, selimut, tenda, hingga logistik lainnya.

Bantuan yang dikirim dari Lanud Halim Perdanakusuma itu bukan cuma berasal dari pemerintah, tetapi juga dari sumbangan rakyat Indonesia yang disalurkan melalui LSM hingga badan zakat.

Bantuan kemanusian akan dikirim melalui Lanud Halim Perdanakusuma dan akan mendarat di Bandara El Arish Mesir, setelah itu masuk melalui jalur darat menggunakan truk besar hingga sampai di Gaza, Palestina.

Bantuan ini disalurkan melalui badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC). Keduanya merupakan badan kemanusiaan yang beroperasi di Gaza. (ArG)

Dari berbagai sumber

share on: