Presiden Turki Erdogan: Hamas Bukan Teroris, Mereka Mujahidin Membela Tanah Air

share on:

Amal Cinta Al Aqsha – Presiden terus mengecam kampanye Israel di Gaza, meninggalkan proses pemulihan hubungan baru-baru ini dengan Yerusalem dalam keraguan, Yerusalem ‘dengan sepenuh hati menolak’ komentar.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Rabu (25/10) bahwa Hamas bukan organisasi teroris, tetapi “mujahidin” membela tanah air mereka.

Israel “dapat melihat Hamas sebagai organisasi teroris, bersama dengan Barat,” kata Erdogan, berbicara pada pertemuan faksi Partai AK-nya di parlemen. “Barat berutang banyak padamu. Tapi Turki tidak berutang apa pun padamu.”

“Hamas bukan organisasi teroris, itu adalah kelompok mujahidin yang membela tanah mereka,” katanya disambut tepuk tangan meriah. “Mujahidin” adalah istilah Arab untuk mereka yang terlibat dalam jihad, atau perang suci.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Lior Haiat mengatakan tak lama kemudian bahwa “Israel dengan sepenuh hati menolak kata-kata kasar presiden Turki tentang organisasi teroris Hamas.”

Haiat menambahkan bahwa Hamas adalah “organisasi teroris tercela yang lebih buruk daripada ISIS,” dan bahwa “bahkan upaya presiden Turki untuk membela organisasi teroris dan kata-katanya yang menghasut tidak akan mengubah kengerian yang telah dilihat seluruh dunia dan fakta tegas: Hamas = ISIS.”

Israel mengatakan telah mencapai sasaran teror di Jalur Gaza sebagai bagian dari kampanye melawan Hamas sejak 7 Oktober, ketika sekitar 2.500 teroris menyerbu melintasi perbatasan ke Israel, menewaskan sekitar 1.400 orang dan menangkap lebih dari 220 sandera di bawah perlindungan banjir ribuan roket yang ditembakkan ke kota-kota Israel. Sebagian besar dari mereka yang tewas ketika orang-orang bersenjata merebut komunitas perbatasan adalah warga sipil – pria dan wanita, anak-anak dan orang tua.

Erdogan belum secara resmi mengutuk pembantaian Hamas terhadap warga sipil Israel.

Pidato Erdogan di Ankara mengingatkan komentar yang dia buat dalam beberapa tahun terakhir membela Hamas.

“Hamas bukan organisasi teroris dan Palestina bukan teroris,” tweetnya pada 2018 sebagai “pengingat” kepada Netanyahu. “Ini adalah gerakan perlawanan yang membela tanah air Palestina melawan kekuatan pendudukan.”

Erdogan tidak malu menyebut Partai Pekerja Kurdistan, atau PKK, teroris, dan memerintahkan operasi militer terhadap mereka. Awal bulan ini, Erdogan mengumumkan “operasi udara intensif” terhadap PKK setelah pemboman bunuh diri Ankara, berjanji untuk “menunjukkan kepada para teroris bahwa kita dapat menghancurkan mereka di mana saja dan kapan saja.”

Netanyahu juga menyebut PKK sebagai “organisasi teroris.”

Erdogan juga mengatakan kepada forum AKP pada hari Rabu bahwa dia membatalkan rencana untuk mengunjungi Israel karena perangnya yang “tidak manusiawi”.

“Kami memiliki proyek untuk pergi ke Israel, tetapi dibatalkan, kami tidak akan pergi,” kata Erdogan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan, berbicara di Qatar, menuduh Israel melakukan “kejahatan terhadap kemanusiaan” dalam kampanyenya di Gaza.

“Menargetkan saudara-saudara Palestina kami, termasuk anak-anak, pasien dan orang tua, bahkan di sekolah, rumah sakit dan masjid, adalah kejahatan terhadap kemanusiaan,” katanya, bersama Menlu Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani.

Erdogan telah mengkritik Israel sejak kampanyenya melawan Hamas dimulai setelah pembantaian 7 Oktober.

Pekan lalu, Erdogan menyerukan Israel untuk menghentikan aksi militernya.

“Jelas bahwa keamanan tidak dapat dipastikan dengan membom rumah sakit, sekolah, masjid dan gereja,” kata Erdogan dalam sebuah pernyataan. “Saya mengulangi seruan kami kepada pemerintah Israel untuk tidak memperluas cakupan serangannya terhadap warga sipil dan segera menghentikan operasinya yang berbatasan dengan genosida.”

Angkatan Udara Israel telah menggempur Jalur Gaza sejak 7 Oktober dengan Israel menyatakan niatnya untuk menggulingkan dan menghancurkan Hamas. Otoritas kesehatan yang dikelola Hamas mengatakan pada hari Rabu jumlah korban tewas di Jalur Gaza telah melewati 6.000. Tidak jelas berapa banyak dari mereka yang tewas adalah warga sipil dan berapa banyak anggota kelompok teror, dan angka-angka itu tidak dapat diverifikasi secara independen. Israel mengatakan telah menewaskan sekitar 1.500 teroris di wilayahnya selama serangan 7 Oktober mereka.

Pembelaan Erdogan terhadap Hamas dan tuduhan terhadap Israel memberi tekanan berat pada upaya untuk menghangatkan hubungan selama satu setengah tahun terakhir, setelah bertahun-tahun permusuhan.

Israel adalah sekutu regional lama Turki sebelum Erdogan berkuasa, tetapi hubungan itu meledak setelah serangan komando Israel 2010 terhadap kapal Mavi Marmara yang menuju Gaza, bagian dari armada penghancur blokade, yang menewaskan 10 aktivis Turki yang menyerang tentara IDF di atas kapal.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Erdogan berulang kali mengarahkan batako satu sama lain di tahun-tahun berikutnya, termasuk tuduhan genosida bersama. Pada Juli 2014, Erdogan menuduh negara Yahudi itu “menjaga semangat Hitler tetap hidup” selama perang dengan Gaza.

Hubungan kemudian melihat peningkatan moderat, tetapi kedua negara menarik duta besar mereka pada 2018 di tengah kekerasan di Gaza dan relokasi kedutaan administrasi Trump ke Yerusalem.

Menghadapi isolasi diplomatik dan kesengsaraan ekonomi yang semakin parah, Erdogan mulai secara terbuka menunjukkan keterbukaan terhadap pemulihan hubungan pada Desember 2020. Pada Agustus tahun lalu, Israel dan Turki mengumumkan pembaruan penuh hubungan diplomatik.

Pada akhir September, Erdogan bertemu dengan Netanyahu di New York untuk duduk pertama mereka dan keduanya dengan antusias membahas jalan kerja sama.

Presiden Isaac Herzog dijamu oleh Erdogan Maret lalu di Ankara – kunjungan tingkat tinggi Israel pertama sejak 2008 – dan Menteri Luar Negeri Eli Cohen bertemu dengan pemimpin Turki pada Februari. Perdana Menteri saat itu Yair Lapid bertemu dengan Erdogan di New York selama Majelis Umum tahun lalu.

Pada saat yang sama, Turki mempertahankan hubungan yang mendalam dengan Hamas. Erdogan telah berhubungan dekat dengan kepemimpinan Hamas sejak awal perang, dan telah mengizinkan kelompok teror untuk beroperasi dari sebuah kantor di Istanbul selama lebih dari satu dekade, bersikeras bahwa itu hanya menjadi tuan rumah sayap politik kelompok itu. Namun, pada tahun 2020, Israel memberikan bukti kepada intelijen Turki bahwa anggota sayap militer Hamas beroperasi di kantor tersebut, di bawah pengawasan Saleh al-Arouri yang berbasis di Beirut.

Dari kantor itu, teroris Hamas diduga merencanakan serangan teror terhadap Israel dan menemukan cara untuk mentransfer dana ke aktivis kelompok teror di Tepi Barat.

Dalam sebuah wawancara dengan TV Turki pekan lalu, mantan pemimpin Hamas yang berbasis di Qatar Khaled Mashaal mengatakan dia “sangat menghormati Turki,” menambahkan bahwa “Turki harus mengatakan ‘berhenti'” kepada Israel, menurut Al-Monitor.

Mantan pemimpin itu telah berulang kali bertemu dengan Erdogan selama bertahun-tahun, dan dalam sebuah pidato kepada anggota partai Erdogan pada tahun 2014, dia mengatakan dia berharap untuk “membebaskan Palestina dan Yerusalem” bersama mereka.

Sebuah jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan bahwa mayoritas warga Turki ingin Erdogan tetap netral atau menengahi perang.

Sumber: timesisrael.com

share on: